-->

3 Hal Penting Untuk Meningkatkan SEO Pada Website

 7 Hal Penting Untuk Meningkatkan SEO Pada Website - SEO atau Search Engine Optimization menjadi sebuah hal penting untuk dipelajari bagi seorang penulis konten maupun digital marketing, menurut Wikipedia.com. SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. 

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Namun taukah kamu terdapat bagian-bagian penting yang harus kamu miliki untuk meningkatkan SEO pada website kamu? Berikut adalah bagian-bagian penting untuk meningkatkan SEO pada website kamu.

1.Keyword atau Kata Kunci

Keyword atau kata kunci menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menargetkan pengunjung, dengan keyword yang akurat kamu bisa mendapatkan pengunjung yang organik, pengunjung akan lebih mudah menemukan situs anda jika pengunjung mencari suatu artikel/website yang berhubungan dengan keyword yang kamu targetkan, contohnya jika kamu menargetkan kata kunci " Cara Membuat CV Gratis " walaupun pengunjung mencari dengan kata kunci Membuat CV Gratis namun berhubungan dengan kata kunci yang kita targetkan tadi, dan poin inilah yang memberikan kesempatan untuk website kita muncul di pencarian google.

Bukan hanya untuk Website kata kunci atau keyword ini juga sangat penting untuk digital marketing, atau pengiklanan, untuk mencari Pengunjung atau Konsumen yang sesuai dengan produk kita, kita harus menargetkan berdasarkan kata kunci agar lebih akurat dalam periklanan.

2. Schema Markup atau Data Terstruktur

Apa itu Schema? Menurut Hostinger.co.id. Schema adalah kosakata semantik yang ditambahkan ke HTML situs. Dengan adanya schema, semua mesin pencari populer, seperti Google, Yahoo, dan Bing, bisa mengetahui informasi apa saja yang ada di dalam konten suatu website. Bahkan schema juga mempermudah cara kerja mesin pencari, yaitu ketika melakukan crawl dan mengindeks website.

Setelah ditambahkan ke website, schema markup menghasilkan deskripsi yang memuat informasi terperinci (biasanya disebut rich snippet). Deskripsi ini nantinya muncul di mesin pencari dan berisikan rating atau peringkat, ulasan, harga, dan informasi lainnya yang ingin ditampilkan.

Meskipun terlihat sepele, jika dikombinasikan dengan SEO (Optimasi Mesin Pencari) – metode untuk mengoptimasi situs agar peringkatnya naik di mesin pencari – schema org bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Berikut adalah beberapa Tipe Schema.org

  1. Rating/Review Schema
    Schema ini biasa digunakan dalam event, produk atau jasa bisa juga tempat wisata untuk menunjukan kualitas/kepuasan pengunjung atau konsumen yang pernah menggunakan jasa maupun bersinggah ketempat wisata tersebut

  2. Organization Schema
    Organization Schema atau Skema Organisasi biasa digunakan untuk sebuah perusahaan untuk menampilkan data perusahaan seperti Jam Buka/Tutup nya Perusahaan, Nomor Telepon perusahaan, website perusahaan dan alamat perusahaan, Schema ini sangat penting jika perusahaan kamu ingin lebih mudah dicari.

  3. Person Markup Schema
    Person Markup Schema menampilkan informasi dasar tentang figur atau individu, seperti nama, tanggal kelahiran, pendidikan, anggota keluarga, pencapaian, dan informasi penting lainnya.

  4. Video Schema
    Dengan adanya Video Schema Markup, mesin pencari seperti Google bisa lebih mudah dalam mengindeks video pada suatu website. Schema ini juga akan menampilkan video di Pencarian Video Google, bersamaan dengan video lainnya yang berasal dari YouTube.

  5. Event Schema
    Event Schema Markup akan menampilkan informasi dari suatu acara yang sudah dijadwalkan, seperti tanggal diadakannya acara tersebut, lokasi, dan juga harga tiket. Penggunaan schema tipe ini akan mempermudah orang-orang yang sedang mencari informasi umum dari acara tertentu.

  6. Recipe Schema
    Jika Anda punya website khusus untuk pengolahan makanan dan minuman, menambahkan Recipe Schema Markup akan memberikan manfaat yang menguntungkan. Schema ini akan menampilkan sebagian konten Anda dalam rupa rich snippet. Selain itu,

    schema org ini juga akan menandai setiap elemen yang ada pada resep sehingga konten Anda akan muncul berdasarkan kata kunci yang dimasukkan audiens, misalnya bahan masakan, waktu memasak, dan lain sebagainya. Audiens pun punya kesempatan untuk melihat-lihat atau menilai konten terlebih dulu sebelum mengklik link yang disediakan.

  7. Local Business Schema
    Schema ini sangat penting bagi bisnis offline/fisik atau cabang organisasi/perusahaan, seperti restoran, rumah sakit, dll. Local Business Schema Markup mempermudah audiens yang hendak mencari suatu perusahaan atau organisasi. Di dalam structured data ini, terdapat informasi umum berupa alamat, jam buka, info kontak, dll.

  8. Product & Offer Schema
    Product & Offer Markup menyediakan informasi produk, seperti harga dan status ketersediaan. Biasanya markup ini diaktifkan oleh para pelaku usaha yang ingin menjual barang atau menyediakan layanan tertentu. Tujuannya adalah untuk membuat produk dan layanan jadi lebih menonjol dibanding kompetitor yang tidak menggunakan schema serta mempermudah pembeli melakukan perbandingan.


    Meskipun namanya digabungkan, sejatinya markup ini terdiri atas dua tipe. Pertama, Product markup hanya menampilkan nama barang atau layanan .

  9. Breadcrumb Schema
    Breadcrumb Markup adalah skema yang merujuk pada link
    path atau lokasi halaman tertentu pada website. Skema ini akan membantu user atau audiens yang ingin mengakses halaman tertentu saja. Selain itu, Breadcrumb Markup juga akan mengurangi bounce rate.

  10.  Artikel Schema
    Schema Article Markup mempermudah mesin pencari untuk mengolah dan menampilkan konten berdasarkan informasi, seperti headline, waktu publikasi, gambar fitur, dan bahkan video. Jenis Article Schema Markup cukup bervariasi dan tergantung pada tipe artikel, seperti berita, teknologi, postingan blog, dll.

Untuk lebih detailnya kamu bisa lihat di website hostinger.co.id.

3. AMP

Accelerated Mobile Pages adalah teknologi perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google. Google AMP merupakan project idealis dari Google dalam upaya meningkatkan kecepatan akses sebuah situs web. Diperuntukkan khusus dalam meningkatkan kecepatan loading website, saat di akses melalui perangkat smartphone 

Berikut adalah keuntungan menggunakan AMP (Accelerated Mobile Pages )

  • Meningkatkan Pengalaman Pengguna
  • Memuat Halaman Lebih Cepat
  • Meningkatkan Pencarian Google  

 Karena inilah amp sangat penting terlebih jika kamu menargetkan User Smartphone atau mobile, menggunakan AMP  menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan situs kamu.

Sebaik-baiknya Manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Disqus Comments