-->

6 Sains Unik Yang Menipu Dunia

6 Sains unik yang menipu dunia - Sains (science) diambil dari kata latin scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. "Real Science is both product and process, inseparably Joint" (Agus. S. 2003: 11)

Walrus Tasmania

Tadinya hewan ini diperuntukan untuk bahan lelucon April Fools' Day pada tahun 1984, kala Orlando Sentinel mengarang sebuah narasi yang menyangkut keberadaan ?Tasmanian mock walrus?, kumplit disertai dengan photo bergambar tikus tidak memiliki kulit .
Di dalam penelitian tersebut, binatang yang berukuran sepanjang empat inci (sepuluh sentimeter) tersebut merepresentasikan seekor walrus yang selalu mendengkur seperti kucing,dan juga penurut seperti hamster.



Manusia Piltdown

Poto diatas yaitu Alvan T. Marston, satu orang ilmuwan yang mengungkap salah satu kepalsuan terheboh dalam histori : Manusia Piltdown.

Pada Awal Mulanya pada tahun 1912, para ilmuwan mengira mereka sudah menemukan titik jelas jalinan kekerabatan antara manusia dengan kera , di temukannya satu set fosil tengkorak juga tulang rahang dari satu buah lubang bawah tanah di Piltdown, Inggris.

Fosil tengkorak juga rahang tersebut dulu di susun oleh Pegawai British Museum maka menampilkan kepala manusia serupa kera, yang selanjutnya di identifikasikan yang merupakan manusia Piltdown, manusia serupa kera.  

Pemalsuan itu akhirnya terungkap pada tahun 1953, bersama deskripsi tulang tengkorak yang berasal dari manusia, tulang rahang orang utan, juga fosil gigi yang berasal dari kera. Tetapi sayang, hingga kini penyusun fosil di British Museum yang jadi dalang pemalsuan ini masihlah belum terungkap.

Monster Loch Ness

Menurut legenda, monster Loch Ness telah ada sejak lebih dari 1.400 tahun dulu, kala Saint Columbia melihat bayangan makhluk air di kawasan Negara Skotlandia.
akan tetapi monster Loch Ness tersebut tak sempat disebut-sebut lagi kemunculannya sampai tahun 1993, kala jalanan di bangun di perairan lokasi Loch Ness di temukan.

Beraneka Ragam rumor juga seterusnya berkembang, tidak sedikit orang melapor bahwa mereka sudah menyaksikan sosok Loch Ness di permukaan.

Pada tahun yang sama, muncul photo penampilan monster Nessie ?sebutan populer monster ini , yang di ambil dari satu orang dokter populer, Colonel Robert Wilson. Photo tersebut menunjukkan sosok Nessie yang ke luar dari perairan gelap juga berkabut yang di duga jadi ruang tinggalnya.

1 tahunh setelah itu, photo sosok Nessie itu kembali menarik perhatian dunia. Kali ini info datang dari Christian Spurling, seseorang kerabat dekat Wilson, yang mengaku bahwa poto hitam-putih yang di ambil Wilson tersebut sebenarnya hanyalah suatu plastik yang di ikatkan ke satu buah kapal mainan, maka menyerupai sosok monster Loch Ness.

Photo cumi-cumi raksasa

Pada bulan Januari 2014 dunia sempat di gemparkan oleh satu buah photo se ekor cumi-cumi raksasa sepanjang 49 meter. Sesudah di usut kebenarannya, nyatanya cumi tersebut aslinya cuma berukuran sepanjang 12 meter. Poto yang beredar luas di internet yaitu photo yagg sudah diedit juga diperbesar.

Raksasa Cardiff

Pada tahun 1869 suatu penemuan oleh seseorang petani juga produsen rokok menciptakan kehebohan di dunia. Fosil manusia batu sepanjang tiga meter dengan berat sekita 1.360 kilogram di temukan terkubur di Cardiff, New York. Nyata-nyatanya, fosil manusia raksasa tersebut hanyalah sebuah patung biasa yang di ciptakan tangan manusia.

Bigfoot

Bersama maraknya penemuan jejak kaki manusia unik dan aneh di bumi, kita menjadi makin ragu berkaitan kenyataan temuan-temuan jejak kaki manusia Bigfoot. Para ilmuwan sepakat bahwa tak mungkin ada binatang berkaki dua bersama badan raksasanya hidup diantara turis dan binatang-binatang liar yang lain di tempat-tempat umum.

Lalu, di tahun 1920, suatu temuan yang memperlihatkan jejak kaki Bigfoot dalam jumlah tidak sedikit terdapat di Northwest. Rant Mullens, sang penemu, menyampaikan bahwa dia dapat membantu dalam pencarian bentuk original Bigfoot tersebut.

Dalam poto sebelah kiri, satu orang anak mungil di th 1975 tampak sedang memegang satu buah plaster yang di duga yaitu suatu jejak kaki Sasquatch yang di temukan di Puyallup, Washington DC.

Nah bagaimana masih percaya dengan sains yang banyak menipu, mulai sekarang jangan mudah percaya begitu saja terhadap info yang bertebaran, meski keluarnya dari pernyataan seorang professor, namun mereka bisa saja bukan hanya pintar meneliti dan menciptakan namun juga bisa saja mereka pintar juga menipu..hmm

Sebaik-baiknya Manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Disqus Comments