-->

Membuat Website Al-Quran Mudah Dengan Pemrograman PHP

Cara membuat Website Al-Quran Menggunakan PHP - Apa itu Al Quran digital? Tentu pembaca sudah tahu kalau Al Quran digital itu adalah software yang berisi data Al Quran, yang bisa diakses melalui komputer, smardphone atau perangkat elektronik lainnya. Untuk kali ini, saya mencoba membuat aplikasi Al Quran digital yang bisa diakses melalui website. Nah, karena targetnya bisa diakses melalui website, maka disini saya memanfaatkan bahasa pemrograman PHP (akronim : Hypertext Prepocessor).

Sebenarnya saat ini sudah banyak aplikasi Al Quran digital yang bisa kita download atau kita akses langsung melalui alamat website tertentu. Akan tetapi, terkadang kita sendiri butuh meneliti bagaimana cara mengembangkan software Al Quran ini lebih lanjut (misalnya untuk keperluan skripsi, tugas akhir, thesis dsb). Dengan harapan software Al Quran digital ini, bisa dimanfaatkan oleh orang lain secara lebih efisien. Sehingga pada posisi seperti ini, kita tidak cukup hanya dengan menjadi pengguna software Al Quran digital yang sudah tersedia. Kita harus membuat aplikasi sendiri guna mewujudkan penelitian itu.

Untuk membuat Al Quran digital seperti yang akan saya bahas ini, ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan . Secara garis besar, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. menyiapkan data Al Quran, baik itu Al Quran dalam bahasa Arab (original) maupun terjemahannya dalam bahasa Indonesia.
  2. menyimpan data Al Quran tersebut pada database kita.
  3. menyiapkan font (huruf) Arabic, agar huruf Al Quran yang ditampilkan dilayar monitor sesuai dengan Al Quran versi cetakkan.
  4. membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP.

A. Menyiapkan Data Al Quran

Langkah pertama yaitu menyiapkan data Al Quran baik Al Quran dalam bahasa Arab (original) maupun terjemahan dalam bahasa Indonesia. Tentu saja, kita tidak perlu mengetik sendiri data Al Quran beserta terjemahannya sebanyak ribuan baris. Saat ini sudah ada beberapa situs online yang menyediakan data-data Al Quran digital yang bisa kita download secara cuma-cuma (gratis). Salah satunya adalah disini http://www.qurandatabase.org/ . Pada alamat website itu, kita bisa men-download data Al Quran versi bahasa Arab (original) ataupun versi terjemahannya dalam berbagai macam bahasa. Kita juga bisa men-download data-data tersebut dalam berbagai format, mulai dari format text, format excel sampai dengan format script MySQL.

Berikut ini saya screenshoot cara download data Al Quran versi bahasa arab dan versi terjemahan bahasa Indonesia. Adapun format data yang saya dowanload dalam bentuk script MySQL. Untuk lebih jelasnya, silahkan dilihat gambar 1 berikut ini.


Pada bagian Table Structure for online generation, disitu table name (nama table), ID column name sampai dengan Text column name saya rubah sesuai dengan selera saya. Nanti script MySQL yang kita dapatkan konfigurasi nama table dan nama kolom sesuai dengan apa yang kita ketikkan di bagian Table structure ini. Agar nanti ada kesesuaian dengan contoh program PHP-nya, maka konfigurasi Table structure-nya saya isi seperti berikut ini :

  • Table name : ArabicQuran
  • ID column name : index
  • QuranDB ID column : DatabaseID (catatan : kolom ini tidak saya gunakan, tetapi kita download saja krn memang tidak ada pilihan lain selain ikut ter-download)
  • Surah column name : surat
  • Verse column name : ayat
  • Text column name : text
Gambar 2 berikut ini menjelaskan hasil dowanload data Al Quran versi bahsa arab tersebut.


Hal yang sama juga bisa kita lakukan untuk men-download terjemahan Al Quran. Dalam contoh kali ini, saya download juga terjemahan Al Quran versi bahasa Indonesia. Table name saya isi “IndonesianQuran” sedangkan Table structure-nya saya samakan dengan table structure Al Quran bahasa Arab seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Gambar 3 berikut ini menunjukkan cara download-nya. 


B. Menyimpan Data Al QUran ke Database
Kita lanjutkan langkah kedua yaitu menyimpan data-data Al Quran tersebut dalam database kita. Langkah awal kita perlu menyiapkan database baru. Pada contoh kali ini, nama database yang saya buat adalah “quran”. Gambar 4 berikut ini menjelaskan database yang saya gunakan dalam aplikasi Al Quran digital ini.


Setelah database-nya selesai kita buat, maka kita tinggal meng-import data Al Quran yang sudah kita download tadi kedalam database kita. O iya dalam table tersebut ada tambahan 1 (satu) table yaitu table DaftarSurat. Table ini berisi data daftar Surat-surat Al Quran mulai dari Surat Al Fatihah sampai dengan Surat An Nas sebanyak 144 surat. Jangan khawatir script daftar surat tersebut, sudah saya sediakan dan bisa di-download disini http://pastebin.com/C77VQF8F

C. Menyiapkan Font Arabic

Langkah ini penting, soalnya data Al Quran yang ada di database, tidak serta merta bisa kita tampilkan mirip seperti huruf yang ada di Al Quran versi cetak. Hal ini disebabkan standarisasi fotont (huruf) yang ada di komputer tidak sama dengan standarisasi font yang digunakan dalam Al Quran versi cetak. 

Untuk jenis font dalam artikel ini, saya menggunakan jenis font KFGQPC Uthmanic Script HAFS. Font ini bisa di-download disini http://fonts.qurancomplex.gov.sa/download/UthmanicHafs1Ver09Font.zip Setelah di-download, silahkan di-extract file UthmanicHafs1Ver09Font.zip tersebut dan anda akan mendapatkan file UthmanicHafs1 Ver09.otf. Sekalian file tersebut, di-copy-kan ke folder aplikasi kita di htdocs. Folder aplikasi yang saya contohkan, saya beri nama alquran. Untuk lebih jelasnya, sekalian kita buat folder aplikasi kita, yang berada pada folder htdocs seperti yang tampak pada gambar 5 berikut ini


Pada gambar 5 diatas, pada folder alquran terdapat folder sources/font. Nah, file font UthmanicHafs1 Ver09.otf tadi dicopy-kan ke folder sources/font itu tadi.

D. Membuat Aplikasi Al Quran DIgital Menggunakan PHP

Ini adalah langkah terakhir dalam artikel ini, yaitu membuat aplikasi PHP yang digunakan untuk menampilkan Al Quran. Singkat saja, script PHP selengkapnya bisa anda download disini http://pastebin.com/wV5Ayzy3

Setelah script PHP ini selesai di-copy, silahkan disimpan dengan nama index.php pada folder htdocs/alquran. Jika sampai langkah ini selesai dikerjakan, maka website kita siap untuk diuji coba. Silahkan buka browser anda, kemudian ketikkan alamat URL http://localhost/alquran Jika uji coba ini tidak ada kendala, maka seharusnya akan muncul aplikasi Al Quran Digital seperti gambar 6 dibawah ini. 


Jika salah satu link tersebut anda click, misalkan link nomor 1 Surat Al Fatihah, maka akan menampilkan Surat Al Fatihah dalam dua bahasa yaitu bahasa Arab dan Indonesia, seperti yang terlihat pada Gambar 7 berikut ini.


Pada contoh script, saya membuat 4 buah function yaitu [1] function show_daftar(), [2] function show_quran($surat, $nama=''), [3] function database($sql) dan [4] function format_arabic_number($number). Yang diakses oleh pengguna hanya ada dua function yaitu function show_daftar dan function show_quran. Function show_daftar berfungsi untuk menampilkan daftar surat Al Quran mulai dari Al Fatihah (surat nomor 1) sampai dengan surat An-Nas (surat nomor 144). Sedangkan function show_quran berfungsi untuk menampilkan isi surat Al Quran sesuai dengan nomor surat yang dipilih oleh pengguna.

Pengguna bisa memilih surat mana yang ditampilkan berdasarkan input querystring URL address yang dikirim dari browser. Misalnya pengguna ingin menampilkan surat Al Baqarah, maka pengguna bisa mengakses alamat URL ini http://localhost/alquran/index.php?surat=2&nama=Surah%20Al-Baqarah . Pada URL Address terdapat parameter querystring ?surat = 2 &nama=Surah%20Al-Baqarah. Ketika parameter querystring dikirim ke web server, maka PHP akan menangkap parameter querystring dengan perintah $_GET. Contoh script berikut ini menjelaskan bagaimana PHP menangkap parameter querystring.

$surat = isset($_GET['surat']) ? $_GET['surat'] : 0;
$nama = isset($_GET['nama']) ? $_GET['nama'] : '';
if($surat == 0)
show_daftar();
else
show_quran($surat, $nama);

Dari contoh script diatas,logikanya sudah kelihatan jika ditemukan parameter ‘surat’ [ $_GET['surat']) ] maka variable $surat diisi dengan parameter ‘surat’ jika tidak ada parameter ‘surat’, maka variable diisi dengan 0 (nol). Kemudian ada proses jika variable $surat terisi 0 (nol) maka PHP menjalankan function show_daftar. Jika variable $surat bukan terisi 0 (nol), maka PHP menjalankan function show_quran.
Pada contoh script PHP tersebut terdapat function database. Function ini berfungsi untuk mengambil/membaca data dari database MySQL. Pada function tersebut, saya memanfaatkan library object mysqli untuk melakukan koneksi [$db = new mysqli("localhost", "root", "", "quran");], mengirimkan query [$db->query] serta membaca datanya [ while($row = $result-> fetch_array())]. Function database ini, dieksekusi (dijalankan) oleh function show_daftar dan show_quran.

Pada contoh script masih ada 1 (satu) function lagi yaitu format_arabic_number. function ini digunakan untuk menampilkan angka dalam tulisan Arab pada akhir ayat. Misalkan pada aplikasi menampilkan nomor ayat (102) berarti angka Arabnya (١٠٢). Pada contoh program sudah saya sediakan array angka-angka Arab mulai dari 0 (nol) sampai 9 (sembilan) [$arabic_number = array('٠','١','٢','٣','٤','٥','٦','٧','٨','٩');]

Sampai disini, artikel pembuatan Al Quran digital dengan PHP sudah selesai kita buat. Tentu saja, Al Quran digital ini masih harus dikembangkan lebih lanjut. Misalnya saja ditambahi Asbabun Nuzul (asal mula surat/ayat diturunkan), Tafsir, pencarian surat/ayat per study kasus dan berbagai macam pengembangan lainnya. Terimakasih semoga ada guna manfaatnya.

Jika kurang mengerti anda tinggal download file lengkapnya + sudah di desain ulang, download link dibawah 

Sangat Berterima kasih sekali kepada pak Eko Heri Haryanto

Sebaik-baiknya Manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Disqus Comments